Suatu hari Mukidi bertemu dengan tetangganya Paijo, di jalan. Karena ia kaget melihat Paijo memakai baju muslim padahal tidak ada acara pengajian maupun masuk waktu solat ia menanyai Paijo.


Mukidi : Jo...mau kemana kamu ?
Paijo : mau bela quran kang..
Mukidi : Halah halaaah...gayamu sok bela quran segala
Paijo : bener kang...saya mau ikut aksi bela quran
Mukidi : gak usah sok-sokan ikutan bela quran segala ...itu yang pada ikut bela quran aja belum tentu paham quran..
Paijo : saya gak tanya ilmunya kang...saya cuma mau membela quran yg dilecehkan orang kafir.
Mukidi : coba saya tanya...bismillah itu bagian dari ayat alfatihah..nah coba sebutkan ada berapa wajah bacaan arrahman arrahim dalam bismillah..?
Paijo : emm...emm...saya gak tau kang..
Mukidi : yaelah Paijo Paijo...ditanyabegitu doang gak bisa kok pake sok-sokan ikutan bela quran !
Paijo : saya kan cuma mau bela quran kang...kok malah ditanya macem-macem?
Mukidi : kalo mau bela quran kudu ngerti quran dulu ... kudu paham quran dulu...ilmu kamu kudu tinggi dulu...banyak tuh ulama yg tinggi ilmunya tapi gak ikut bela quran.
Paijo : jadi kalo mau bela quran harus alim dulu ya kang?
Mukidi : iya bener...
Paijo : kalo mau bela kebenaran harus jadi orang bener dulu ya kang?
Mukidi : nah itu kamu tau...
Paijo : okelah kalo begitu..aku gak jadi bela quran kang..

Dua hari berlalu. Paijo sedang jalan tiba-tiba terdengar suara perempuan " copeet copeet..rampoookkk rampoookkk....lontoooong eh toloooongg.!!"...Paijo segera mencari arah datangnya suara tersebut...Paijo kaget terperanjat ketika melihat seorang perempuan cantik bahenol dirampok perhiasannya...Paijo berniat segera menolong...namun tiba2 Paijo mengurungkan niatnya dan berlalu pergi.


Keesokan harinya Paijo lewat di depan rumah Mukidi.


Mukidi : eh Jo Paijo...sini bentar!!
Paijo : ada apa kang?
Mukidi : saya mau ngomong sebentar kamu duduk dulu,...sum suminten kesini dulu.!
Paijo : ada apa sih kang kok keliatan serius?
Suminten : iya mas...ada apa?
Mukidi : ini si Paijo ada disini...ceritakan kejadianya!
Paijo : waduh kok saya disidang begini kayak sidang setnov lagi, ada apa?
Mukidi : udah kamu diem dulu...ayo sum ceritakan kejadianya.!
Suminten : kemarin saya kan mau ke pasar...bawa duit jutaan ...itu duit dirampok orang ...kalung seberat tiga kilo juga diambil...gelang dari pergelangan tangan ampe sikut juga diambil semua...hikz hikz
Paijo : lah trus apa hubungannya Ama saya kang?
Mukidi : sudah kamu diem dulu!
Suminten : kmaren saya teriak minta tolong tapi gak ada yg mau nolongin...padahal ada Paijo tau saya dirampok..
Mukidi : bener begitu Jo..?
Paijo : iya kang
Mukidi : kenapa kamu gak nolongiiin!!
Paijo : saya gak berani kang
Suminten : kan kamu tiga orang Ama temenmu
Mukidi : tuh knapa kamu gak nolongin Jo Paijo!!
Paijo : tadinya saya mau nolongin ...tapi saya inget pesen sampean kemaren kang..
Mukidi : pesen apaan!!
Paijo : kalo mau bela kebenaran harus jadi orang bener dulu...saya jadi merenung dan melihat diri saya..saya ini belum jadi orang bener...jadi saya gak berani membela istrinya sampean...dua temen saya juga saya bilangin...eh jangan sok belain orang ...diri kalian aja masih belum bener kok.!! ...akhirnya temen saya juga mengurungkan niat gak jadi menolong istri sampean .
Suminten : jadi kamu gak mau nolongin gara2 suamiku Mukidi ini..??...ooalaaah mukidiiii..mukidiiii...duitkuuu...kalungkuuu...gelangkuuuu...hwaaa hwaaaa......gara-gara...pesan...kramatmu...ini..akoh...gakbisa..tampil...syantik..lagi.




Itulah sepenggal kisah mukidi lucu tapi penuh makna.