Setelah Mengeluarkan Progam Full day School oleh Kemendikbud. Banyak orang dan netizen yang tidak setuju dengan keputusan ini karna bisa di bilang terlalu "Extrime", dan banyak pengaruh buruk lainnya. Tapi Taukah kamu ? tidak semua pengaruh progam ini seluruhnya berdampak buruk . Dan di sini saya akan mengulas beberapa dampak baik buruk dari Progam Full Day School.




  1. Full Day School dinilai efektif untuk membentuk karakter peserta didik

    Bila full day school diterapkan, maka siswa akan lebih banyak menghabiskan waktunya di sekolah dan di bawah pengawasan guru. Oleh sebab itu, peluang kenakalan serta tindak di luar kewajaran untuk dapat diawasi secara ketat lebih tinggi. Apalagi dengan sistem full day school, siswa akan menyerap lebih banyak pelajaran dan guru punya lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan siswa.


  2. Full Day School akan memberi waktu siswa bersama keluarga lebih efisien

    Dengan adanya Full Day School, maka diharapkan siswa tidak akan dibebani lagi dengan Pekerjaan Rumah. Oleh sebab itu, para siswa akan menghabiskan waktu lebih banyak bersama orangtua apalagi akhir pekan siswa tidak perlu masuk sekolah. Sehingga akhir pekan dapat digunakan untuk menikmati waktu berkualitas dengan ayah dan ibu.


  3. Kurangnya sosialitas di lingkungan
    Karena belajar full di sekolah dapat mengurani siswa berinteraksi dengan orang-orang di lingkungan sekitarnya.
  4. Kemampuan anak untuk menerima pelajaran punya batas tertentu

    Di balik dua kelebihan dari full day school yang telah disebutkan sebelumnya, tentu saja ada juga kekurangan. Yang pertama tak semua anak mampu menyerap pelajaran dengan baik selama 8 jam penuh seperti yang diindikasikan Kemendikbud. Hal ini dapat berpengaruh pada prestasi siswa dan kemampuan pemahaman komprehensif.


  5. Sarana dan Prasarana penyelenggara pendidikan belum memadai
    Untuk penerapan kebijakan baru tentu ada sejumlah hal yang harus dipersiapkan. Misalnya perbaikan sarana dan prasarana serta pematangan konsep kebijakan tersebut. Ada batas-batas, syarat, serta pedoman untuk memberlakukan sistem full day school agar dapat berjalan optimal serta menguntungkan bagi pihak sekolah, orangtua, dan juga siswa.
  6. Siswa akan malas ke sekolah
    Dampak lainnya siswa yang harus berjam-jam di sekolah . Mereka akan semakin tertekan oleh materi-materi pelajaran dan semakin sering bolos sekolah dengan alasan ini lah,itu lah. Dan bukannya pendidikan semakin meningkat malah semakin menurun karena jarang bersekolah.
  7. Banyak modus-modus menyeleweng
    Kebiasaan lain siswa di sekolah adalah PACARAN . Meskipun dalam pemantauan guru , dalam waktu jeda ada sebagian siswa mencari tempat yang sepi untuk pacaran . Dalam waktu pembelajaranpun bisa juga menggunakan modus-modus seperti ingin pergi ke kamar mandi supaya bisa berduaan, saling tatap-tatapan , pandang-pandangan sewaktu dalam pembelajaran.